Thursday, October 15, 2015

Askes Jenis Mana yang Anda Butuhkan?

Dalam istilah asuransi, yang disebut dengan asuransi kesehatan adalah produk asuransi kesehatan murni yang fungsinya khusus dan hanya perlindungan kesehatan, terutama rawat inap. Namun secara lebih luas, fungsi ini tidak hanya terdapat pada produk asuransi kesehatan murni. Asuransi jiwa pun sekarang mengikutsertakan jenis asuransi kesehatan di dalamnya. Masing-masing ada plus minusnya, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan, berikut ini saya ulas berbagai macam produk tersebut secara ringkas. Sebelumnya saya perlu tegaskan kembali bahwa yang saya maksudkan asuransi kesahatan di sini adalah lebih pada manfaatnya, bukan jenis produknya, yakni agar jika sewaktu-waktu kita sakit biayanya ditanggung asuransi alias tak usah pusing memikirkan biaya atau minimal meringankan. Berkenaan dengan hal ini, di Allianz, ada beberapa pilihan produk/fitur produk yang bisa Anda ambil, yaitu:  


Pertama, SmartMed Premier. Saya menyebut produk ini sebagai “rajanya ASKES”. Sebab uang pertanggungannya tergolong paling besar jika dibandingan asuransi kesehatan jenis lain di tempat mana pun. SmartMed Premier menanggung seluruh biaya rawat inap hingga limit 6 miliar per tahun. Kontrak asuransinya tahunan dan bisa diperpanjang jika memenuhi syarat. Jika menyertakan keluarga dapat diskon 5%. Cara klaimnya ada 2 jenis: menggunakan kartu (cashless) dan reimburse. Jika nasabah sudah punya asuransi kesehatan lain, maka berlaku koordinasi benefit.

Kedua, Allisya Care. Produk ini di bawah SmartMed Premier. Allisya Care menanggung biaya rawat inap sesuai dengan ketentuan dan plafon yang telah ditentukan. Perbedaan utamanya dengan SmartMed lebih murah dari segi preminya, tapi biaya yang ditanggung dibatasi plafon tertentu. Kalau SmartMed kan jor-joran. Kontrak asuransinya tahunan dan ada garansi perpanjangan. Meskipun di tahun pertama misalnya sudah klaim, bahkan terkena penyakit kritis sekalipun. Jika menyertakan keluarga juga dapat discon. Cara klaimnya ada 2 jenis; menggunakan kartu (cashless) dan reimburse. Jika nasabah sudah punya asuransi kesehatan dari perusahan lain maka berlaku koordinasi benefit.

Ketiga, hospital and surgical care atau sering disebut HS saja. Jika SmartMed dan Allisya Care termasuk jenis asuransi kesehatan murni/mandiri, flexicare adalah jenis asuransi kesehatan/rawat inap yang nempel pada asuransi jiwa. Jadi untuk ambil produk ini otomatis harus ambil asuransi jiwanya sebagai pintu masuk, meskipun dengan uang pertanggungan yang minimal sekalipun. Komponen biaya rawat inap yang ditanggung sama dengan Allisya Care, dibatasi dengan plafon yang telah ditentukan. Bedanya terutama pada kontrak asuransinya yang flat, mengikuti asuransi jiwanya hingga 60 tahun. HS juga tidak bisa diambil bersama sekeluarga dalam satu polis. Jadi harus ambil masing-masing. Cara klaimnya ada 2 jenis; menggunakan kartu (cashless) dan reimburse. Jika nasabah sudah punya asuransi dari perusahaan lain maka berlaku koordinasi benefit.

Keempat, flexicare family. Produk ini sama seperti HS, yaitu merupakan jenis asuransi kesehatan rawat inap yang nempel pada asuransi jiwa yang untuk mengambilnya harus ambil asuransi jiwanya. Biaya yang ditanggung juga sama seperti HS, dibatasi plafon yang telah ditentukan. Bedanya, flexicar family nominal santunanya lebih kecil. Karena itulah sering disebut sebagai santunan rawat inap saja. Bedanya lagi dengan HS, flexicare family bisa diambil bersama sekeluarga. Cara klaimnya hanya dengan reimburse. Flexicare bisa double klaim dengan asuransi lain (jika nasabah sudah punya asuransi dari perusahaan lain).

Kelima, asuransi penyakit kritis (critical ilness). Di Allianz, untuk jenis ini unggulannya adalah C-100, yakni critical ilness-100 (perlindungan atas 100 jenis penyakit kritis). Sama seperti HS dan flexicare family, C-100 juga merupakan jenis asuransi kesehatan yang nempel pada asuransi jiwa sehingga untuk mengambilnya harus ambil asuransi jiwanya. Berbeda dengan HS dan flexicare family yang menanggung segala jenis penyakit asalkan rawat inap dengan ketentuan dan plafon tertentu. C-100 hanya berlaku untuk jenis penyakit kritis saja. Penyakit biasa tidak dicover. Bedanya lagi C-100 itu memberikan uang tunai, bukan pertanggungan biaya. Cara klaimnya dengan mengajukan bukti diagnosa penyakit kritis dengan melampirkan beberapa kelengkapan administrasi yang dijelaskan dalam polis. C-100 bisa double klaim, sama seperti fexicare family. Demikian, semoga penjelasan ini dapat sedikit membantu bagi Anda yang sedang mencari asuransi kesehatan. Penjelasan ini hanya secara singkatnya saja untuk memudahkan.

Jika mengingikan penjelasan detailnya dapat menghubungi saya:

Tohirin
081906091083
PIN: 53E91F32

No comments:

Post a Comment